PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI KOTA BENGKULU

Aritonang, Evitalia C and Resnani, Resnani and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1G018005-EVITALIA C ARITONANG - Evitalia C. Aritonang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan video terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN yang memiliki karakteristik akreditasi A di Gugus VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga terpilih kelas VA dari SDN 49 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB dari SDN 19 berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji hipotesis (uji-t) yaitu nilai thitung (3,641) > ttabel (1,670) sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan video terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN di Kota Bengkulu. Kata Kunci: SAVI, Video, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:29
Last Modified: 06 Aug 2024 07:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19523

Actions (login required)

View Item View Item