UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF (PTK PADA SISWA KELAS VI B SD N 09 KOTA BENGKULU)

Repriani, Reva Sefti and Victoria, Karjiyati and Feri, Noperman (2023) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF (PTK PADA SISWA KELAS VI B SD N 09 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
BEBAS PUSTAKA UNIB_REVA SEFTI REPRIANI_NPM.A1G018068 - Reva Sefti Repriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6 SDN 09 Kota Bengkulu. Instrumen penilaian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan presentase kentuntasan belajar klasikal. Data hasil observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran skor untuk tiap kriteria. Hasil rata-rata aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 35 (B) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor 42,5 (SB). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 34,5 (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 42 (SB). Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus Irata-rata hasil belajar siswa 63,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 64 % mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata- rata hasil belajar siswa 80,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 88%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Alat Peraga Manipulatif, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:35
Last Modified: 06 Aug 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item