PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMANTIK KELAS V SDN 126 REJANG LEBONG

Aprilia, Isnainiatun and Herman, Lusa and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMANTIK KELAS V SDN 126 REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Isnainiatun Aprilia Bebas Unib_compressed - Antoni Ferdiansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 126 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 126 Rejang Lebong tahun ajaran 2022-2023. Jumlah siswa kelas V yaitu 23 siswa dengan 15 siswa laki-laiki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Instrument penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari rata-rata motivasi belajar siswa siklus I sebesar 12,43 meningkat pada siklus II sebesar 13,99 dan pada rata-rata prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I sebesar 71,73 dengan ketuntasan belajar 60,86% meningkat pada siklus II sebesar 81,30 dengan ketuntasan belajar 82,60% dan mata pelajaran IPA pada siklus I sebesar 75,21 dengan ketuntasan belajar 69,56% meningkat pada siklus II sebesar 89,13 dengan ketuntasan belajar 86,95%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 126 Rejang Lebong. Kata Kunci: Model, Probem Based Learning, powerpoint, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:46
Last Modified: 06 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19529

Actions (login required)

View Item View Item