PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Fahriza, Mami and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Mami Fahriza PGSD Bebas Perpus UNIB - Mami Fahriza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL berbantu media audio visual dalam pembelajaran Tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB dari SDN 19 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan VA SDN 49 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dan rubrik penilaian berpikir kreatif. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil dari penilaian ini menunjukkan nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (5,3065) > ttabel (2,0117). Pengujian thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hasil disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berbantu media audio visual dalam pembelajaran Tematik terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata Kunci: PjBL, Audio Visual, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:51
Last Modified: 06 Aug 2024 07:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item View Item