STUDI DESKRIPTIF KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB SERTA PENANGANANNYA PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU

Ul ‘Alimah, Nisa and Endang, Widi Winarni and Irfan, Supriatna (2023) STUDI DESKRIPTIF KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB SERTA PENANGANANNYA PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
NISA UL ‘ALIMAH__compressed - Nisa ul 'Alimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesulitan belajar matematika materi FPB serta upaya penangannnya pada siswa kelas IV A SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan analisis dokumen latihan soal. Aspek yang diteliti adalah pembelajaran matematika materi FPB untuk mengidentifikasi kesulitan dan upaya guru dalam menanganinya. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukan empat kesulitan belajar (1) penanaman konsep, berupa penyajian materi pembelajaran yang terlalu monoton hanya menggunakan metode ceramah tanpa alat peraga matematika atau media pembelajaran. (2) pemahaman konsep, mengenai kesulitan konsep faktor bilangan, konsep pangkat bilangan dalam menuliskan hasil faktorisasi prima, dan kesulitan pemahaman prosedur penyelesaian soal cerita. (3) pembinaan keterampilan, berupa kesalahan melakukan operasi hitung dalam menjawab soal, yaitu kesalahan pada perhitungan perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan soal, serta kesalahan dalam prosedur menyelesaikan soal. (4) penerapan konsep, berupa kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dengan tidak menggunakan langkah-langkah penyelesaian soal dengan benar, sehingga tidak memecahkan permasalahan pada soal. Upaya yang dilakukan guru dalam menangani kesulitan belajar siswa adalah dengan (1) melakukan tanya jawab kepada siswa. (2) mengulang materi pembelajaran sebelum memasuki materi baru. (3) memberikan bimbingan belajar matematika secara individu. (4) melatih siswa dengan latihan-latihan soal. Kata kunci: kesulitan belajar, matematika, materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:59
Last Modified: 06 Aug 2024 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19533

Actions (login required)

View Item View Item