Mahdiyah, Mufidah and Pebrian, Tarmizi and Panut, Setiono (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PENINGGALAN SEJARAH KOLONIALISME BELANDA DI BENGKULU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
PGSD-MUFIDAH MAHDIYAH-A1G018043-PUSTAKA UNIB. - Mufidah M.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dan saran dari validasi ahli, tanggapan guru, dan tanggapan siswa. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai sebesar 92% dan validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid. Disamping itu, tanggapan guru menunjukkan nilai sebesar 89% dan tanggapan siswa menunjukkan nilai sebesar 94,33%. Hasil validasi keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul peninggalan sejarah kolonialisme Belanda di Bengkulu sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-Modul dikembangkan melalui tahap analisis karakteristik peserta didik; menetapkan tujuan pembelajaran; memilih strategi, teknologi, media dan materi; pemanfaatan tekologi, media dan materi; melibatkan partisipasi peserta didik; serta evaluasi dan revisi. Kata Kunci : E-Modul, Sejarah Lokal, Pembelajaran Tematik Terpadu
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:09 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:09 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19537 |
Actions (login required)
View Item |