PENGARUH MEDIA TANAM BERBASIS KOMPOSISI LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PEMAPANAN DAN PERTUMBUHAN AWAL BIBIT PANDAN (Pandanus tectorius Parkinsonex.z) DI KAWASAN TWA PULAU BAI DAN PANTAI PANJANG BENGKULU

Nova, Anjarwati and Enggar, Apriyanto and Putranto B.A.N, Putranto B.A.N (2022) PENGARUH MEDIA TANAM BERBASIS KOMPOSISI LIMBAH SERAT BUAH SAWIT DAN PUPUK KANDANG TERHADAP PEMAPANAN DAN PERTUMBUHAN AWAL BIBIT PANDAN (Pandanus tectorius Parkinsonex.z) DI KAWASAN TWA PULAU BAI DAN PANTAI PANJANG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Nova.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pandan (Pandanus tectorius Parkinsonex.Z) merupakan jenis tumbuhan berupa semak atau pohon yang tingginya bisa mencapai 6 m, tanaman ini memiliki duri pada sisi daunya dan tajam pada bagian ujungnya, panjang antara 0,5-2m, bunga berwarna merah�ungu, terletak pada ujung batang, benang sari banyak, formasi seperti payung (Rocmadi, 2019), memiliki buah seperti buah nanas, berbentuk bulat telur(oval)sampai lonjong,buah matang berwarna kuning sampai orange bahkan sampai merah,dan bersifat lengket dengan rasa manis asam(Sarungallo,2018.). Tanaman ini tumbuh pada habitat dengan substrat pasir di depan garis pantai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh berbagai media tanam berbasis limbah serat buah sawit di persemaian terhadap pemapanan di lapangan dan mengetahui pertumbuhann awal di lapangan Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari sampai dengan April 2021 di Twa pantai panjang , pulau Bai Bengkulu Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap dengan 1 faktor dan 5 kali ulangan sehingga terdapat 75 unit percobaan. satu faktor dengan 5 perlakuan dan 5 kali ulangan ditiga blok sehingga terdapat 75 total semai. Kombinasi perlakuan media tanam yaitu P1 (Serat Buah Sawit 100%), P2 (Pupuk Kandang Sapi 100%), P3 (Limbah Serat Buah Sawit 75% + Pupuk Kandang Sapi 25%), P4 (Limbah Serat Buah Sawit 50% + Pupuk Kandang Sapi 50%) dan P5 (Limbah Serat Buah Sawit 25% + Pupuk Kandang Sapi 75%). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada variabel tinggi tanaman , diameter batang , jumlah helai daun , panjang daun , dan lebar daun tidak lagi berpengaruh nyata saat di lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:17
Last Modified: 06 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item