PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVA DI SDN 103 KOTA BENGKULU

Nuriyah, Sintia Putri and Nani, Yuliantini and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IVA DI SDN 103 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SINTIA PUTRI NURIYAH PGSD UNIB 1 - Chintia Putri nuriyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik siswa kelas IVA SD Negri 103 Kota Bengkulu menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Istrumen penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik menggunakan model PBL. Hasil skor aktivitas guru siklus I diperoleh katagori Cukup dan siklus II meningkat menjadi katagori Baik. Hasil skor aktivitas siswa siklus I diperoleh katagori Cukup dan menningkat pada siklus II diperoleh katagori Baik. Hasil belajar IPS siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 64,31 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 47,46%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,26 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,94%. Hasil IPA siklus I didapatkan rata-rata sebesar 62,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,63%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negri 103 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:26
Last Modified: 06 Aug 2024 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item