PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Rully Fauzan, Muhammad and Sularsih, Anggarawati and Rina, Suthia Hayu (2021) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi rully acc.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi internet yang begitu pesat, membuat suatu persaingan bisnis semakin ketat. Hal ini menuntut para produsen untuk lebih berfikir kritis, kreatif dan juga inovatif dalam memenuhi kebutuhan manusia yang kini semakin beragam. Dengan kemajuan teknologi internet saat ini, banyak konsumen yang menggunakan aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu aplikasi belanja online yang sedang mengalami peningkatan pesat adalah Shopee. Beberapa bulan terakhir, perusahaan marketplace Shopee ini menempati urutan pertama sebagai e-commerce dengan total pengunjung website bulanan terbanyak di Indonesia. Hal ini terjadi karena prestasi yang dimiliki oleh Shopee yaitu keberhasilan promosi dalam waktu yang singkat. Selain itu, marketplace ini tidak lepas dari penilaian review konsumen mengenai produk serta berbagai macam produk dengan harga yang terjangkau. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel online customer review dan harga terhadap individu atau pengguna marketplace Shopee di Indonesia. Keputusan pembelian merupakan proses panjang yang dimiliki konsumen dalam mempertimbangkan keinginanannya terhadap produk atau merek yang berada di pasar. (Kotler & Keller, 2013). Online customer review adalah fasilitas yang mengijinkan konsumen untuk secara bebas dan mudah menulis komentar dan pendapat mereka secara online mengenai berbagai produk ataupun pelayanan yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap purchase decision dari seorang pengunjung dan merupakan bagian dari Electronic Word of Mouth (EWOM), yaitu murni dari pendapat dan ulasan langsung dari seseorang dan bukan sebuah iklan (Elwalda, Kevin & Maged., 2016). Harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan atas sesuatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukarkan para konsumen untuk memperoleh manfaat dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa (Kotler & Armstrong, 2008). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang di uji, pertama menguji pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian, kedua menguji pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dan ketiga menguji pengaruh online customer review dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu seperti pengguna atau konsumen marketplace Shopee di Indonesia dalam kurun waktu minimal 6 bulan terakhir. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 400 responden. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Online customer review secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik tingkat online customer review akan berdampak pada semakin baik pula tingkat keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia. 2) Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik tingkat harga akan berdampak pada semakin baik pula tingkat keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia. 3) Online customer review dan harga mempunyai pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia, yang berarti semakin baik tingkat online customer review dan harga akan berdampak pada semakin baik pula tingkat keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Indonesia. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi penjual agar dapat terus meningkatkan online customer review yaitu dengan memberikan informasi produk yang sesuai dengan barang yang dijual. Shopee juga perlu untuk meningkatkan kepercayan terhadap perusahaan dengan cara meningkatkan kredibilitas dari penjual yang berada disana dan Shopee dapat membandingkan situs platform lain, menggabungkan kelebihannya sehingga konsumen dapat tertarik dan mengambil keputusan pembelian pada marketplace Shopee

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Aug 2024 09:16
Last Modified: 06 Aug 2024 09:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item View Item