PENGARUH PEMBERIAN DOSIS NPK PADA MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SERAT BUAH SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI KETAPANG KENCANA (Terminalia mantaly H.Perrier)

Ranti, Ucreza and Enggar, Apriyanto and Deselina, Deselina (2022) PENGARUH PEMBERIAN DOSIS NPK PADA MEDIA KOMPOSIT BERBASIS LIMBAH SERAT BUAH SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN SEMAI KETAPANG KENCANA (Terminalia mantaly H.Perrier). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ketapang kencana merupakan jenis tanaman hias, tanaman peneduh dan tanaman obat, serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi yang diminati oleh masyarakat. Dalam masa pertumbuhan tanaman ketapang, media tanam adalah salah satu faktor penting dalam menjaga pertumbuhan tanaman. Media tanam yang baik adalah media tanam yang mampu menyediakan air dan unsur hara dalam jumlah cukup bagi pertumbuhan semai, dengan memiliiki tata udara dan air yang baik, agregat mantap, kemampuan menahan air baik dan ruang untuk perakaran yang cukup jenis dan sifat media tanam berperan dalam ketersediaan unsur hara dan air sehingga berpenggaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Penggunaan media tanam berbasis limbah serat buah sawit dan pupuk kandang dengan pemberian dosis NPK merupakan salah satu perlakuan yang dapat dilakukansupaya unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana (1) pengaruh komposisi media tanam limbah serat buah sawit terhadap pertummbuhan ketapang kencana. (2) pengaruh pemberian dosis NPK terhadap pertumbuhan ketapang kencana. (3) interaksi pemberian dosis NPK pada media komposit dan limbah serat buah sawit terhadap pertumbuhan ketapang kencana. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Kehutanan mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Penelitian ini menggunakan uji analisis ANOVA dengan uji lanjut BNT. Berdasarkan hasil penelitian, pemberian dosis NPK memberikan pengaruh sangat nyata terhadap pertambahan tinggi batang, pertambahan jumlah helai daun, petambahan diameter batang dan nilai kekokohan semai. Perlakuan media tanam juga berpengaruh nyata terhadap seluruh variabel pengamatan. Pada interaksi perlakuan antara media tanam dan pemberian dosis NPK berpengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi batang, pertambahan diameter, dan pertambahan jumlah helai daun tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap nilai kekokohan semai

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:58
Last Modified: 07 Aug 2024 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19567

Actions (login required)

View Item View Item