PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI FUNGSIONAL PADA MATERI MENULIS CERITA PENDEK

Oktarisma, Anita and Agus, Trianto and Gumono, Gumono (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LITERASI FUNGSIONAL PADA MATERI MENULIS CERITA PENDEK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Tesis Anita Oktarisma terbaru upload 2 - Copy - Anita Oktarisma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil uji kelayakan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi fungsional pada materi menulis cerita pendek (cerpen). Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) menurut Sugiyono yang terdiri atas 7 tahap yaitu, analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan observasi awal, wawancara, telaah buku, angket guru dan angket siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Fungsional ini dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil validasi materi dan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “layak” dengan presentase 77,22% dan 77,78%. Hasil validasi pengguna juga “sangat layak” dengan persentase sebesar 85,56%. Hasil angket respon Guru terhadap LKPD juga “sangat layak” dengan pesentase 81,3% dan 92%. Untuk uji respon pada kelompok besar LKPD juga termasuk kategori “sangat layak” baik di kelas A maupun kelas B dengan persentase sebesar 86,8% dan 82,5%. Efektivitas LKPD juga “layak” dengan rincian sebanyak 40 (90,9%) siswa sudah menuliskan bagian orientasi cerpen, 34 (77,27%) siswa sudah menuliskan rangkaian peristiwa, dan sebanyak 29 (65,90%) siswa menuliskan komplikasi dan resolusi pada cerpennya. Sedangkan untuk kaidah kebahasaan yang terdiri dari penggunaan sudut pandang dan dialog sebanyak 34 (77,27%) siswa, penggunaan kalimat deskriptif dan ekspresif sebanyak 30 (68,18%) siswa, dan hanya 10 (22,73%) siswa saja yang menggunakan majas dalam cerpennya. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Literasi Fungsional, Menulis Cerita pendek (cerpen).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:46
Last Modified: 07 Aug 2024 02:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item