KOMUNIKASI GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN : STUDI ANALISIS WACANA KELAS

Surahmad, Heru and Dian Eka Chandra, Wardhana and Irma, Diani (2023) KOMUNIKASI GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN : STUDI ANALISIS WACANA KELAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS HERU SURAHMAD_A2A020017 - Heru Surahmad.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi guru dan siswa di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelitian kualitatif dan menggunakan teknik analisis wacana kelas. Data dalam penelitian ini berupa tuturan lisan yang terjadi pada saat interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak observasi pasif, teknik catat, dan teknik rekam. Teknik analisis wacana pengolahan data dalam penelitian ini diolah melalui langkah-langkah sebagai berikut : 1) pentranskripsian data, 2) kodifikasi data, 3) klasifikasi data, 4) penyajian dan analisis data, dan 5) penarikkan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yang dilakukan oleh peneliti, pembimbing, dan penguji tesis. Hasil penelitian ini adalah dalam wacana kelas pada proses pembelajaran di kelas XI MIPA I SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan mempunyai struktur atau bentuk I R F yang terjadi pada pertukaran bebas. Selanjutnya pola komunikasi sebagai interaksi pada pembelajaran yang terjadi tindak komunikasi yang paling sering dilakukan oleh guru pada proses pembelajaran adalah tindak permulaan, pancingan, memeriksa, arahan, dan menerima. Sedangkan tindak yang dominan dilakukan oleh siswa adalah balasan atau menjawab, dan isyarat. Sementara itu pola komunikasi yang terjadi pada pembelajaran yang dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan peneliti menemukan bahwa pola komunikasi guru dalam melakukan pembelajaran berbentuk pola dua arah dan banyak arah sehingga membuat siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan pada saat guru memberikan penjelasan dan pertanyaan terhadap materi yang diberikan siswa mengikuti dengan baik dan merespon guru dengan jawaban dan isyarat baik itu secara individu maupun bersama-sama sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikelas menjadi aktif. Kata kunci : Komunikasi guru dan siswa, pembelajaran, wacana Kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:46
Last Modified: 07 Aug 2024 02:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item