ANALISIS MORFOMETRIK DAN MERISTIK UDANG MANTIS (Stomatopoda) YANG TERTANGKAP OLEH NELAYAN DAERAH PEKIK NYARING KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Adytya, Arya Kusuma and Dede, Hartono and Zamdial, Zamdial (2022) ANALISIS MORFOMETRIK DAN MERISTIK UDANG MANTIS (Stomatopoda) YANG TERTANGKAP OLEH NELAYAN DAERAH PEKIK NYARING KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
draft skripsi adyt 048.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Udang mantis merupakan salah satu jenis crustacea laut yang sangat diminati untuk dikonsumsi oleh masyarakat mancanegara, namun di pesisir Kabupaten Bengkulu Tengah belum di manfaatkan secara optimal dan hanya menjadi hasil tangkapan sampingan oleh nelayan. Penelitian mengenai morfometrik dan meristik udang mantis dapat bermanfaat dalam memberikan informasi dalam proses identifikasi dan sebagai potensi baru dalam upaya pengelolaan udang mantis terutama di wilayah pesisir Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian dilaksanankan pada bulan Juni–Juli 2022 di daerah Pekik Nyaring Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan pengambilan sampel udang mantis ini menggunakan metode random sampling sampel udang mantis didapat dengan total sampel sebanyak 90 ekor didapatkan dua jenis sampel udang mantis yaitu Oratosquillina gravieri (53 ekor) dengan kisaran panjang 7,82 - 11,38 cm dan Harpiosquilla raphidea (37 ekor) dengan kisaran panjang 9,31 - 16,56 cm. Korelasi antar karakter morfometrik Oratosquillina gravieri kuat dengan nilai korelasi (r) berkisar antara 0,552 -0,998 dan korelasi antar karakter morfometrik Harpiosquilla raphidea kuat dengan nilai korelasi (r) berkisar antara 0,652 - 0,983. Pada analisis meristik Oratosquillina gravieri didapat duri pada telson berjumlah antara 6 buah duri, jumlah duri pada dactylus 6 buah duri dan untuk propodus 2 buah duri, pada jenis Harpiosquilla raphidea didapat duri pada telson berjumlah 6 buah duri, jumlah duri pada dactylus 7-9 buah duri dan untuk propodus 10-12 buah duri. Kata Kunci : Morfometrik, Meristik, Udang Mantis, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Marine Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:03
Last Modified: 07 Aug 2024 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item