PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI WISATA LOKAL PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF

Marlina, Marlina and Abdul, Muktadir and Bambang, Parmadie (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS NARASI BERBASIS LITERASI WISATA LOKAL PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Marlina A2G020025 (PENDAS). ok_compressed (1) - Marlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain, dan respon siswa, serta efektifitas produk hasil pengembangan bahan ajar menulis narasi berbasis literasi wisata lokal pada kelas IV Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada pengembangan adalah model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa SDN 006 Bengkulu Utara, berjumlah 20 siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara, angket dan tes berupa soal essay melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V, reabilitas Interrater Reliability, dan tanggapan siswa, serta analisi kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, bahasa, desain, dan respon siswa, terhadap bahan ajar sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga siswa senang dan tertarik belajar. Hasil efektifitas bahan ajar efektif berpengaruh terhadap bahan ajar menulis narasi. Dilihat dari hasil nilai Signifikansi yaitu 0,00 lebih kecil dari pada α = 0,05. Berdasarkan uji gain-score dari penggunaan bahan ajar memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu 64%. Hasil efektifitas 1,45>1 maka terdapat perbedaan efektifitas antara kelas kontrol dan kelas ekperimen. Sehingga pemahaman siswa terhadap bahan ajar menulis narasi berbasis literasi wisata lokal lebih tinggi dari siswa yang hanya menggunakan buku paket dari sekolah sehingga dinyatakan efektif. Kata kunci: Menulis narasi, Literasi Wisata Lokal, Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:21
Last Modified: 07 Aug 2024 03:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19598

Actions (login required)

View Item View Item