PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Siswa Kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi)

Falensia, Septy and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat Siswa Kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS - SEPTY FALENSIA - Septy Falensia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata ekonomi lintas minat kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dan dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian tindakan kelas adalah kelas XI IPA 2 SMAN 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 31 siswa. Sampelnya terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan instrument lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, dan lembar observasi kreativitas siswa serta tes untuk mengukur prestasi belajar siswa yang berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan rumus rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus di kelas XI IPA 2, hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran mind mapping, kreativitas siswa dalam pembelajaran serta prestasi belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Tebing Tinggi. Kata Kunci : Model Mind Mapping, kreativitas, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:07
Last Modified: 07 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19608

Actions (login required)

View Item View Item