EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBINAAN NARAPIDANA RECIDIVE KEJAHATAN TERHADAP HARTA BENDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B ARGA MAKMUR

ANDRI, PUTRA SAMOSIR and Lidia, Br. Karo and Herlita, Eryke (2019) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PEMBINAAN NARAPIDANA RECIDIVE KEJAHATAN TERHADAP HARTA BENDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B ARGA MAKMUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
PDF SKRIPSI ANDRI PUTRA SAMOSIR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pemasyarakatan adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan. Lapas sebagai instansi terakhir dalam sistem peradilan pidana yang tugasnya sebaga lembaga pembina, yang betujuan untuk menyadari, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana. Melalui pembinaan yang diberikan seperti pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian, lembaga pemasyarakatan diharapkan mampu mendidik, membina dan membimbing narapidana baik recidive ataupun non recidive agar dapat memperbaiki pola pikir dan perilaku serta mental setiap narapidana yang menjalani pidana. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektivitas dalam pelaksanaan pembinaan narapidana recidive kejahatan terhadap harta benda di Lapas Kelas II B Arga Makmur dan apa yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan narapidana recidive kejahatan terhadap harta benda di Lapas Kelas II B Arga Makmur. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan seberapa efektif pelaksanaan pembinaan narapidana recidive kejahatan terhadap harta benda di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Arga Makmur dan apa yang menjadi faktor hambatan dalam pelaksanaan pembinaan tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian hukum empiris, dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelaksanaan pembinaan narapidana recidive kejahatan terhadap harta benda di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Arga Makmur belum maksimal diterapkan. Selain itu, faktor penghambat dari pelaksanaan pembinaan tersebut juga karena terbatasnya sumber daya manusia, alat sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan pembinaan. Kemudian faktor ekonomi dan pengaruh lingkungan sekitar menjadi alasan narapidana kembali melakukan kejahatan, sehingga pelaksanaan pembinaan narapidana recidive kejahatan terhadap harta benda di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Arga Makmur belum efektif. Kata Kunci: Lembaga Pemasyarakatan, Pembinaan, Narapidana Recidive.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:27
Last Modified: 07 Aug 2024 04:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19611

Actions (login required)

View Item View Item