PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL PADA GURU SMA

Suntani, Utui Tatang and Sudarwan, Danim and Fitri, April Yanti (2023) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL PADA GURU SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
disertasi utui tatang fikkkksss_compressed - Tutui Tatang.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pelayanan supervisi kepada guru merupakan salah satu variabel penting dalam organisasi yang mempengaruhi kompetensi guru. Penelitian ini dilaksanakan pada empat SMA di kabupaten Lahat, yaitu SMA Negeri 1 Lahat, SMA Negeri 2 Lahat, SMA Negeri 3 Lahat, SMA Negeri 4 Lahat dan SMA Negeri 1 Merapi Barat. Keempat sekolah tersebut dipilih karena pelaksanaan supervisi sudah dilakukan dengan baik, namun perlu dilakuakan pengembangan, terutama pelibatan tenaga pendidik (guru). Penelitian ini bertujuan , (1) mengetahui kebutuhan yang diperlukan guru dalam pelaksanaan supervisi akademik; (2) membuat desain model supervisi akademik kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial pada guru SMA; (3) menguji kelayakan model supervisi akademik kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial pada guru SMA; (4) mengetahui efektivitas implementasi model supervisi akademik kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan sosial pada guru SMA di kabupeten Lahat . Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D. Hasil penelitian didapatkan dari hasil skor pengujian validasi yang diperoleh dari masing-masing validator model, media dan bahasa diberikan keputusan bahwa pada validasi model supervisi kolaboratif memperoleh skor rerata 81%, 83 %, dan 87%. Dari perhitungan statistik uji kelompok luas diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan aturan pengambilan keputusan statistik jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara PKG 1 dan PKG 2. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa setelah diuji dengan sample luas penerapan model supervisi akademik kolaboratif layak untuk diterapkan karena terbukti meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial di SMA Kabupaten Lahat. Supervisi akademik kolaboratif ini merupakan sebuah inovasi dan pengembangan kegiatan supervisi yang mengedepankan unsur kolaboratif yang menjadi solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru terutama guru dan kepala sekolah. Kata Kunci: Model, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Supervisi Akademik Kolaboratif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:59
Last Modified: 07 Aug 2024 04:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19622

Actions (login required)

View Item View Item