PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Kelompok B TK IT Bunayya Kota Bengkulu)

zulyawati .F.N, Elva and Nina, Kurniah and Wasidi, Wasidi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Kelompok B TK IT Bunayya Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS S2 TP Elva Zulyawati. F.N_ - Elva Zulyawati. F.N.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran yaitu busy book, dengan harapan media busy book yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok B TK IT Bunayya Kota Bengkulu. Uji coba terbatas dilaksanakan pada kelas B1 dengan jumlah anak 10 orang anak dan uji coba skala luas melibatkan anak kelompok B2 dan B3 TK IT Bunayya dengan jumlah 20 orang anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pengambilan data penelitian menggunakan tes lisan dan tes perbuatan. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data ahli media, ahli materi, dan hasil tes anak. Teknik analisis data dengan membuat tabulasi dan uji hipotesis. Tabulasi data dari ahli media dan ahli materi menggunakan skor rata-rata, data kemampuan logika matematika anak menggunakan skor, analisis peningkatan kemamapuan logika matematika anak menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media busy book layak dijadikan sebagi media pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan kemampuan logika matematika anak usia dini. Kata kunci: Kemampuan logika matematika, media busy book

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:26
Last Modified: 07 Aug 2024 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item