Ramadanti, Destry and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
DESTRY RAMADANTI (A1L019019) BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Destry Ramadanti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian dengan jumlah sampel 8 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kejenuhan belajar dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan belajar sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi skor rata-rata 125,75 dengan kategori tinggi. Skor rata-rata setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi 92,75 kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan nilai 7,730. Diketahui hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kejenuhan belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat dijadikan salah satu pilihan program bimbingan dan konseling di sekolah yang perlu diterapkan oleh guru BK untuk mencegah kejenuhan belajar siswa. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:58 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19637 |
Actions (login required)
View Item |