Hazanah, Fitriza and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MENGENAI KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Fitriza Hazanah-A1L019013 - Fitriza Hazanah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara konformitas teman sebaya dan pola asuh orang tua dengan kecanduan game online pada siswa kelas X SMK Negeri Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini berjumlah 219. Sampel penelitian ini berjumlah 140. Teknik dalam penelitian ini adalah teknik accidental sampling. Desain penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif analisis regresi. Alat pengumpulan data berupa angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kecanduan game online, artinya semakin tinggi konformitas teman sebaya, maka semakin tinggi kecanduan game online dan sebaliknya semakin rendah persepsi konformitas teman sebaya, maka semakin rendah kecanduan game online pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 24,6%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh otoriter dengan kecanduan game online, artinya semakin otoriter orang tua, maka semakin kecanduan siswa pada game online siswa dan sebaliknya semakin tidak otoriter orang tua, maka semakin tidak kecanduan siswa pada game online dengan sumbangan efektif sebesar 9,1%. Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara pola asuh demokratis dengan kecanduan game online, artinya semakin demokratis orang tua, maka semakin tidak kecanduan siswa pada game online dan sebaliknya semakin tidak demokratis orang tua, maka semakin kecanduan siswa pada game online dengan sumbangan efektif sebesar 9,9%. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh permisif dengan kecanduan game online, artinya semakin permisif orang tua, maka semakin tinggi kecanduan siswa pada game online dan sebaliknya semakin tidak permisif orang tua, maka semakin tidak kecanduan siswa pada game online dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%. Kata Kunci : Konformitas teman sebaya, pola asuh orang tua, kecanduan game online
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19644 |
Actions (login required)
View Item |