Syahputri, Indah and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP SIKAP SOPAN SANTUN DALAM BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Indah Syahputri (A1L019027) Bab 1-5 - Indah Syp.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media videoscribe untuk meningkatkan sikap sopan santun dalam berkomunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa dengan sampel berjumlah 33 siswa ditentukan menggunakan teknik intact random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji t (paired sample test). Hasil pada penelitian ini didapati sebelum diberi layanan sikap sopan santun dalam berkomunikasi siswa rendah kemudian setelah diberi layanan sikap sopan santun dalam berkomunikasi siswa menjadi tinggi. Maka dapat disimpulkan layanan informasi menggunakan media videoscribe efektif untuk meningkatkan sikap sopan santun dalam berkomunikasi siswa kelas VII A di SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru BK apabila terdapat siswa dengan sikap sopan santun dalam berkomunikasi yang rendah dapat dilakukan layanan informasi menggunakan media videoscribe. Kata Kunci : Sikap Sopan Santun Dalam Berkomunikasi, Videoscribe, Layanan Informas
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 08:18 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19645 |
Actions (login required)
View Item |