STUDI DESKRIPTIF TENTANG KOMPETENSI SOSIO EMOSIONAL (KESADARAN DIRI) PESERTA DIDIK KELAS VII SMPIT CAHAYA ROBBANI KEPAHIANG

Lestari, Kartika and Wayan, Dharmayana and Rita, Sinthia (2023) STUDI DESKRIPTIF TENTANG KOMPETENSI SOSIO EMOSIONAL (KESADARAN DIRI) PESERTA DIDIK KELAS VII SMPIT CAHAYA ROBBANI KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI KARTIKA LESTARI (BK)_compressed - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi sosio emosional dalam hal kesadaran diri (self awereness) peserta didik kelas VII tahun ajaran 2022/2023 di SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang. Pendekatan studi deskriptif telah digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dengan model skala Likert dan dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPIT Cahaya Robbani Kepahiang yang berjumlah 46 orang. Penelitian ini menemukan bahwa rata-rata kompetensi kesadaran diri responden dalam mengenali perasaan dan perilaku diri sendiri adalah 37. Kemudian, rata-rata dalam mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri adalah 56. Selanjutnya, rata-rata dalam kemandirian sikap adalah 58. Adapun rata-rata dalam membuat keputusan dan mengevaluasi diri sendiri berjumlah sama yaitu 22. Berikutnya, rata-rata dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat, dan keyakinan adalah 44. Dengan demikian, rata-rata kompetensi kesadaran diri paling tinggi adalah dalam hal kemandirian sikap. Kata Kunci: Kompetensi, Sosio Emosional, Kesadaran Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:52
Last Modified: 08 Aug 2024 01:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item