PENGUBAHAN PERILAKU SISWA YANG TERISOLIR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DAN KONSELING INDIVIDU DI KELAS 7.1 SMPN 01 KOTA BENGKULU

Putri, Sinta Annisa and Sri, Saparahayuningsih and Rita, Sinthia (2023) PENGUBAHAN PERILAKU SISWA YANG TERISOLIR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DAN KONSELING INDIVIDU DI KELAS 7.1 SMPN 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi sinta pdff_compressed - Wewe Dotkom.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan Bimbingan Klasikal dan Konseling Individu terhadap pengubahan perilaku siswa yang terisolir di SMPN 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek RR2 dan SA1. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan sosiometri. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Pemberian layanan klasikal diperolehnya pengetahuan dan informasi mengenai hubungan sosial subjek serta pemberian konseling individu sebagai bentuk eleminasi perilaku maladaptif subjek dan menggantinya dengan perilaku yang diinginkan. Hasil penelitian menujukkan bahwa perilaku terisolir yang diamalami oleh subjek RR2 dan SA1 berkurang seperti kemampuan berososialasi menjadi lebih baik, mampu bekerjasama dengan baik dengan siswa lain, berpenampilan rapi, serta perilaku dan penampilan yang tidak menonjol lagi. Dari hasil penelitian ini disaranakan kepada guru BK untuk mengubah perilaku terisolir menggunakan layanan bimbingan klasikal dan konseling individu. Kata kunci: perilaku terisolir, bimbingan klasikal, konseling individu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:01
Last Modified: 08 Aug 2024 02:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item