Andini, Seli and Catur, Wulandari and Ria, Ariesta (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS DESKRIPSI BERBASIS PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1A019068_Seli Oktafaulia Andini_Skripsi Final-dikompresi - Rizki Sandera.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui analisis kebutuhan LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. (2) Mengetahui proses pengembangan LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. (3) Mengetahui kelayakan produk LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. (4) Mengetahui implementasi LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu Lembar wawancara, Lembar analisis kebutuhan siswa, Lembar validasi ahli materi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 01 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 31 orang siswa kelas VII.9 untuk uji coba produk yang dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian yaitu: (1) Analisis kebutuhan menyatakan bahwa guru membutuhkan bahan ajar dengan model pembelajaran yang dapat membantu guru serta membuat peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung dan peserta didik membutuhkan bahan ajar yang menarik baik dari segi tampilan maupun isi. (2) Pengembangan LKS melalui tahapan perancangan kebutuhan LKS dan kerangka LKS, membuat LKS menggunakan aplikasi canva. (3) Kelayakan LKS di uji oleh ahli materi. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari kedua ahli materi memperoleh presentase keseluruhan dari ahli materi pertama sebesar 77,08% dengan kategori layak dan ahli materi kedua 81,25% dengan kategori sangat layak. (4) Implementasi penggunaan LKS kepada peserta didik berjumlah 31 orang siswa dan respon peserta didik terhadap LKS mendapatkan hasil dengan presentase keseluruhan sebesar 84,9% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan lks, model ADDIE, teks deskripsi, Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 03:08 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 03:08 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19683 |
Actions (login required)
View Item |