Aditya, Nissa and Amril, Canrhas and Fina, Hiasa (2023) ETAFORA DALAM NOVEL SI ANAK SPESIAL KARYA TERE LIYE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Nissa Aditya_A1A019105_Syarat Bebas Perpustakaan UNIB - Nissa Aditya.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan fungsi metafora dalam novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural serta metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu teknik (1) Membaca dan (2) Mencatat. Data penelitian ini adalah metafora yang terdapat dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye terdapat makna yang dimana setiap ungkapan metafora yang terkandung dalam novel tersebut memiliki makna dan kesan yang menarik untuk pembaca. Makna yang tertuang dalam novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye ini menyangkut cerita yang berkaitan dengan perjuangan, rasa syukur, kehidupan, pertemanan, dan pertualangan. Oleh karena itu, metafora yang digunakan Tere Liye ini menjadi berfungsi karena terdapat pembelajaran yang sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Tanpa adanya Ahmad Burlian tidak akan dapat meraih kesuksesannya. Itu sebabnya Ahmad adalah sosok yang harusnya ditiru dan menjadi pembelajaran untuk direnungkan. Sesungguhnya yang menghina Ahmad tidak lebih baik dari Ahmad. Ternyata Ahmad lebih baik dari yang menghinanya. Kata Kunci: Metafora, Makna dan Fungsi, Novel Si Anak Spesial
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 04:06 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 04:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19694 |
Actions (login required)
View Item |