PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN HASIL PEMERIKSAAN AUDIT BPK RI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA

Novita Sari, Yenny and Fadli, Fadli and Nila, Aprila (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH DAN HASIL PEMERIKSAAN AUDIT BPK RI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Yenny Novita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik pemerintah daerah (ukuran pemerintah daerah, kekayaan daerah, tingkat ketergantungan dan belanja daerah) dan hasil pemeriksaan (opini audit dan jumlah temuan audit) terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 508 kabupaten/kota di Indonesia. Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda, dengan data pengamatan tahun 2015-2019. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Ukuran pemerintah daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia; (2) Kekayaan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia; (3) Tingkat ketergantungan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia; (4) Belanja daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia; (5) Opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia; dan (6) Jumlah temuan audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Akuntansi
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:07
Last Modified: 08 Aug 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19700

Actions (login required)

View Item View Item