PICTURE SERIES TECHNIQUE IN TEACHING WRITING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 18 BENGKULU CITY

Putri, Gita Amanda and Alamsyah, Harahap and Zahrida, Zahrida (2023) PICTURE SERIES TECHNIQUE IN TEACHING WRITING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 18 BENGKULU CITY. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Gita Amanda Putri (A1B018063) - gita amanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks recount dengan menggunakan media gambar berseri di kelas VIII.9 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiridari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Artinya ada enam pertemuan dalam dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas VIII.9 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.9 tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis dan observasi. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat beberapa pencapaian yang signifikan dalam menulis setelah diajarkan melalui Media Seri Gambar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa. Rata-rata nilai pre test kemampuan menulis adalah 69, pada siklus I sebesar 77,5 dan pada siklus II meningkat sebesar 82. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada steps penjelasan tentang picture series technique dan memberikan sesi tanya jawab adalah steps yang paling meningkatkan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui Seri Media Gambar, kemampuan siswa dalam menulis teks recount dapat meningkat secara signifikan. Nilai rata-rata siklus II lebih tinggi dibandingkan siklus I dan nilai rata-rata siklus I lebih tinggi dibandingkan pre-tes. Kata Kunci : Seri Gambar, Tingkatkan, Kemampuan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:23
Last Modified: 08 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19709

Actions (login required)

View Item View Item