GAYA BAHASA IKLAN DALAM SITUS BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL

Andriyani, Andriyani and Dian Eka Chandra, Wardhana and Supadi, Supadi (2023) GAYA BAHASA IKLAN DALAM SITUS BELANJA ONLINE DI MEDIA SOSIAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Andriyani_(A1A019017) - Andriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa iklan dalam situs belanja online di media sosial lazada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini dilakukan pada gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdapat dalam iklan situs belanja online di media sosial. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dengan cara men-screenshot data yang sudah tersedia. Langkah-langkah analisis data dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) ditemukan 5 gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, (2) ditemukan 12 gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, (3) ditemukan 23 gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna. Gaya bahasa yang banyak ditemukan yaitu gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna terdapat dua puluh tiga gaya bahasa seperti gaya bahasa kiasmus misalnya : head and shoulders formula baru! Lawan ketombe basah ningga ke-5 lapisan dari contoh tersebut termasuk gaya bahasa kiasmus karena terdiri dari dua bagian frasa dan klausa yang bersifat berimbang. Sedangkan gaya bahasa yang sedikit ditemukan yaitu gaya bahasa berdasarkan pilihan kata terdapat lima gaya bahasa seperti gaya bahasa percakapan misalnya : lanjut hangout sama bestie habis seharian presentasi dari contoh tersebut termasuk gaya bahasa percakapan karena sudah bertumpang tindih dari gaya bahasa gaul atau gaya bahasa kaum pelajar yang bersifat mengajak. Kata Kunci : Gaya Bahasa Iklan, Situs Belanja Online, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:36
Last Modified: 08 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item