KESESUAIAN TES FORMATIF BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Chaniago, Aulia Rahman and Noermanzah, Noermanzah and Padi, Utomo (2023) KESESUAIAN TES FORMATIF BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_AULIARAHMANCHANIAGO_A1A019078(2023) FIXdocx - Rpol gaming.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian tes formatif pada materi teks berita buatan guru dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka kelas VII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar pada kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi berupa tes pilihan ganda dan uraian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, interpretasi materi, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes formatif buatan guru bahasa Indonesia sesuai pada CP elemen membaca-memirsa, sedangkan pada elemen menyimak, berbicara, dan menulis belum sesuai karena belum mencakupi keseluruhan elemen pada capaian pembelajaran yakni elemen menyimak, berbicara dan menulis. Hal ini dapat ditunjukan dengan ditemukannya soal yang telah sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka sebanyak 34 soal yang telah sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka elemen membaca-memirsa dari 65 soal pilihan ganda. Sedangkan untuk soal uraian didapatkan hasil soal yang telah sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka pada elemen membaca-memirsa sebanyak 22 soal yang telah sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka dari 29 soal uraian. Sedangkan pada elemen menyimak, berbicara, dan menulis tidak ditemukan. Kata Kunci: Tes formatif, capaian pembelajaran fase D, kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:36
Last Modified: 08 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19716

Actions (login required)

View Item View Item