PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP

Sari, Novita and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI TEKS PROSEDUR KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1A019073_NOVITA SARI_SKRIPSI. - Novita Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan proses analisis kebutuhan LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP, (2) mendeskripsikan rancangan hasil desain LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP, (3) mendeskripsikan hasil teknik pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP, (4) mendeskripsikan proses hasil implementasi LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur siswa kelas VII SMP. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk wawancara dan angket.Wawancara dilakukan dengan pedoman wawancara untuk mengetahui situasi dalam pembelajaran, dan angket dilakukan untuk mengetahui hasil uji validasi dan uji kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan kuantitatif yang berupa data proses pengembangan LKPD, data validasi oleh validator, dan data penilaian peserta didik untuk mengetahui kepraktikasan LKPD. Hasil dari penelitian ini yaitu; (1) analisis kebutuhan menyatakan bahwa dibutuhkan alternatif dalam penggunaan LKPD yang mendorong peserta didik untuk belajar lebih mandiri dan terlibat lebih aktif dalam pembelajaran, (2) rancangan desain disusun dengan memperhatikan tampilan yang menggunakan ilustrasi yang lebih menarik, serta kegiatan yang mengikuti model pembelajaran Discovery Learning, (3) hasil pengembangan berupa validasi ahli materi yang mendapatkan persentase 81,25% dan hasil validasi ahli desain mendapatkan 77,77% dengan kategori layak untuk digunakan, (4) tahap implementasi menghasilkan data penilaian peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan mendapatkan persentase skor sebesar 4,35% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning materi teks prosedur untuk kelas VII SMP layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan LKPD, discovery learning, teks prosedur

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:31
Last Modified: 08 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item View Item