EFEKTIVITAS PENGAWASAN TRUK OVER DIMENSION OVER LOAD (ODOL) DI PROVINSI BENGKULU (STUDI PADA UPPKB PADANG ULAK TANDING PROVINSI BENGKULU)

Hariyanto, Bambang and Slamet, Widodo and Trisna, Murni (2021) EFEKTIVITAS PENGAWASAN TRUK OVER DIMENSION OVER LOAD (ODOL) DI PROVINSI BENGKULU (STUDI PADA UPPKB PADANG ULAK TANDING PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS AN BAMBANG HARIYANTO FINAL_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan truk over dimension dan over load diduga merupakan salah satu penyebab tingginya angka kerusakan jalan di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu tahun 2019 keadaan jalan Provinsi Bengkulu sekitar 40% dalam kondisi rusak dan rusak berat. Salah satu penyebab kerusakan jalan tersebut adalah beban jalan tidak sesuai dengan konstruksi jalan. Truk bertonase yang melebihi kapasitasnya yang lebih dikenal dengan over dimension over load (ODOL) dituding berpengaruh besar terhadap kerusakan jalan. Lalu lintas truk ODOL dijalanan sebenarnya berada dalam pengawasan beberapa lembaga Pemerintah, salah satunya Kementerian Perhubungan melalui Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Padang Ulak Tanding yang ada di Provinsi Bengkulu. Berdasarkan data jumlah pelanggaran 2018-2020 dan hasil wawancara pra penelitian dengan petugas UPPKB Padang Ulak Tanding serta sopir ditemukan indikasi tidak efektifnya pengawasan angkutan barang di UPPKB Padang Ulak Tanding Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui capaian efektivitas pengawasan truk ODOL yang dilaksanakan UPPKB Padang Ulak Tanding Provinsi Bengkulu, faktor yang menyebabkan pengawasan terindikasi tidak efektif dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi/meningkatkan efektivitas tersebut. Aspek yang digunakan dalam penelitian terdiri 4 dimensi yaitu penetapan standar kerja, menilai kinerja, membandingkan kinerja dengan standar dan melakukan tindakan koreksi/perbaikan (Suhardi, 2018). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap 16 informan sesuai dengan kapasitasnya dan studi dokumentasi. Pengukuran efektivitas menggunakan rumus : X 100 dimana R merupakan realisasi pelaksanaan prosedur pengawasan truk di UPPKB Padang Ulak Tanding dan T merupakan target/standar yang harus dilaksanakan. Metode analisis data deskriptif dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan antara data satu dengan data/ dokumen lainnya. Informan penelitian terdiri dari personil UPPKB Padang Ulak Tanding, Pejabat Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu-Lampung dan sopir truk. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa capaian efektivitas pengawasan berada pada angka 78% (cukup efektif). Angka ini menunjukkan ada beberapa tata cara dan prosedur yang belum dilaksanakan oleh personil dalam melakukan pengawasan truk ODOL di UPPKB Padang Ulak Tanding. Tata cara dan prosedur yang belum dilaksanakan sesuai standar meliputi : pemeriksaan fisik kendaraan, penindakan terhadap pelanggaran dan kondisi sumber daya manusia. Faktor yang penghambat capaian efektivitas pengawasan antara lain: kondisi SDM yang belum memenuhi standar dan proses pemeriksaan kendaraan yang belum sesuai standar, pengawasan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:29
Last Modified: 08 Aug 2024 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item