PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SETS (Science, Environment, Tecnology, and Society) MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SLTA

Mariati, Mariati and Abdul, Rahman and Kasrina, Kasrina (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SETS (Science, Environment, Tecnology, and Society) MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SLTA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MARIATI P.BIO - Mariati456.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis SETS materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas XI SLTA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) berbasis SETS. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu analisis (analysis), desain (design) dan pengembangan (development). Pada penelitian ini dilakukan percobaan mengukur tekanan darah yakni mengukur tekanan darah pada saat duduk, saat lari ditempat selama 5 menit dan naik turun tangga selama 5 menit. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi/angket. Uji kelayakan LKPD ini dilakukan oleh tiga validator ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pendidikan. Uji keterbacaan dilakukan kepada 10 orang peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 09 Rejang Lebong. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil validasi dari tiga orang validator yaitu ahli materi 90%, ahli media 93,3%, ahli praktisi 96,25% dengan kriteria sangat layak. Persentase uji keterbacaan peserta didik terhadap LKPD yaiti 93,3% dengan kriteria sangat baik. Simpulan hasil pengembangan LKPD berbasis Sets (Science, Environment, Technology, Society) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Sebagai Suplemen Belajar Siswa Kelas XI sangat layak digunakan sehingga LKPD dapat diuji cobakan dalam pembelajaran Biologi. Kata Kunci : Sistem peredaran darah, LKPD, SETS.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:29
Last Modified: 08 Aug 2024 08:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19751

Actions (login required)

View Item View Item