PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI (Quasi Experiment)

Silalahi, Ratna Mustika Sari and Irwan, Koto and Desy, Hanisa Putri (2023) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI (Quasi Experiment). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ilovepdf_merged - Pelprap GPdI Wilayah 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis PBL setelah diberi perlakuan terhadap pemahaman konsep usaha dan energi, 2) untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD berbasis PBL usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one group pretest-posttest. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis didapat bahwa Pvalue < 0,05 , nilai 0,039 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar LKPD berbasis PBL yaitu 80% yang menunjukkan bahwa siswa memberi respon positif. Berdasarkan hasil analisis data uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar berupa LKPD berbasis PBL terhadap pemahaman konsep usaha dan energi, dan hasil respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis PBL memberikan respon positif dalam mengikuti proses pembelajaran pada materi usaha dan energi di SMAN 1 Bilah Hulu, Sumatera Utara. Kata Kunci : LKPD, PBL, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energ

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:22
Last Modified: 09 Aug 2024 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item