PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN KOTA BENGKULU (Pre Eksperimen)

Khairiya, Ramadhania Husnatul and Nirwana, Nirwana and Andik, Purwanto (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PHET MATERI GELOMBANG BUNYI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMAN KOTA BENGKULU (Pre Eksperimen). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_RAMADHANIA HUSNATUL KHAIRIYAH_A1E019037 - Ramadhania Husnatul Khairiyah_UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi sman kota bengkulu sesudah mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi, 2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre-experimental design dengan bentuk penelitian adalah one group pretest-posttest. Hasil perhitungan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t pada data hasil posttest yang telah dilakukan di kelas eksperimen dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh dari uji-t, diperoleh t hitung = 2,50 dengan df = 68 dan t tabel = 1,669. Sehingga didapat t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Berdasarkan kriteria pengujian uji-t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Hasil analisis data respon peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi memiliki hasil perhitungan nilai indeks jawaban responden skala Likert diperoleh persentase nilai indeks sebesar 81,6% yang menandakan bahwa hasil angket respon sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik memberikan respon positif mengikuti proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET materi gelombang bunyi di SMAN 4 Kota Bengkulu. Kata kunci: Problem Based Learning, PhET, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:22
Last Modified: 09 Aug 2024 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item View Item