PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Quasi Experiment)

Aprilia, Dena and Endang, Widi Winarni and Mellyta, Uliyandari (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Quasi Experiment). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Dena Aprilia A1M019006 Skripsi UNIB - Dena Aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan bantuan video terhadap literasi lingkungan siswa pada aspek pengetahuan dan kemampuan kognitif dan mengetahui pengaruh model project based learning dengan bantuan video terhadap literasi lingkungan siswa pada aspek sikap dan perilaku materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan tes untuk mengukur aspek pengetahuan dan kemampuan kognitif serta angket untuk mengukur aspek sikap dan perilaku. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model project based learning dengan bantuan video pembelajaran terhadap literasi lingkungan aspek pengetahuan dan kemampuan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan sub materi pencemaran air; (2) terdapat pengaruh model project based learning dengan bantuan video pembelajaran terhadap literasi lingkungan aspek sikap dan perilaku siswa pada materi pencemaran lingkungan sub materi pencemaran air. Kata kunci: Model Project Based Learning, Video Pembelajaran, Literasi Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:36
Last Modified: 09 Aug 2024 03:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item