ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT OOREDOO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Ramadhan, Ricky and Lizar, Alfansi and Sularsih, Anggarawati (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT OOREDOO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Ricky ramadhan 1.docx.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

PT Indonesian Satellite Corporation Tbk (Persero), memulai beroperasi pada bulan September 1969, perusahaan ini merupakan perusahaan komersial yang menyediakan jasa telepon jarak jauh antar negara atau yang dikenal sebagai International Direct Dial Calls (IDD Calls). Indosat pada tahun 1980 telah menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Indosat merupakan satu diantara beberapa operator seluler yang mengikuti persaingan pasar telekomunikasi di Indonesia dengan merek dagangnya yaitu IM3 (Indosat Multi Media Mobile). Sampai sekarang IM3 dikenal sebagai kartu prabayar yang difokuskan untung kawula muda (young heart) dan orang-orang yang dinamis (dynamic people). Namun, sejak 2015 operator telekomunikasi Indosat kini resmi berganti menjadi Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo merupakan transformasi PT. Indosat sebagai bagian dari alih bentuk perusahaan yang inklusif agar menjadi leader dari layanan telekomunikasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pengaruh dari Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (2) mengetahui pengaruh dari Biaya Perpindahan yang Dirasakan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (3) mengetahui pengaruh dari kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (4) mengetahui pengaruh dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (5) mengetahui pengaruh dari Nilai yang Dirasakan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (6) mengetahui pengaruh dari Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, (7) mengetahui pengaruh dari Kualitas Layanan, Biaya Perpindahan yang Dirasakan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Nilai yang Dirasakan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Bengkulu yang berjumlah 100 orang. Metode pengambilan sampel digunakan Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berrganda, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Kualitas Layanan semakin tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunkan Indosat Ooredoo. (2) Biaya Perpindahan yang Dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Biaya Perpindahan yang Dirasakan semakin tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Kepercayaan semakin tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (4) Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Kepuasan Pelanggan semakin tinggi, maka Loyalitas Pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (5) Nilai yang Dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Nilai yang Dirasakan semakin tinggi, maka loyalitas pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (6) Citra Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu, artinya. Jika Citra Perusahaan semakin tinggi, maka loyalitas pelanggan semakin tetap loyal dan meningkat menggunakan Indosat Ooredoo. (7) Kualitas Layanan, Biaya Perpindahan yang Dirasakan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan, Nilai yang Dirasakan dan Citra perusahaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Ooredoo pada mahasiswa Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:04
Last Modified: 09 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item