PENGARUH PERMAINAN MEDIA ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KECAMATAN KEDURANG

Iswi, Rinzi and Mona, Ardina and Wembrayarli, Wembrayarli (2023) PENGARUH PERMAINAN MEDIA ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA KECAMATAN KEDURANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RINZI ISWI - A1I019001_compressed - rinzi iswi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media balok angka terhadap kemampuan berhitung kelompok B TK Dharma Wanita Kecamatan Kedurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True eksperimental yaitu Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 26 anak. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes. Teknik analisis data untuk menguji dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh t hitung (4,005) sedangkan t tabel (2,056), yang berarti t hitung > t tabel. Sehingga berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media angka terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kecamatan Kedurang. Disarankan agar guru dapat menindaklanjuti penggunaan media angka pada kemampuan berhitung anak usia dini dan sebaiknya guru membuat permainan lain yang juga dapat mengetahui kemampuan berhitung anak. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Media Angka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:49
Last Modified: 09 Aug 2024 08:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19794

Actions (login required)

View Item View Item