METODE GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN PASAR MANNA

Sari, Tami Fanda and Delrefi, Delrefi and Indrawati, Indrawati (2023) METODE GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI TK KECAMATAN PASAR MANNA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TAMI FANDA SARI A1I019003 Perpustkaan UNIB-dikompresi_compressed - tami fanda sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TK Kecamatan Pasar Manna. Jenis penelitian ini adalah survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di TK Kecamatan Pasar Manna yang berjumlah 26 orang guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data statistik dengan rumus presentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan Metode tanya jawab dalam kategori Baik, Metode bercakap-cakap berada dalam kategori Baik, Metode demonstrasi jawab berada dalam kategori Baik, Metode sosiodrama berada dalam kategori Baik dan Metode karyawisata berada dalam kategori Baik. Dari lima metode pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini di TK Kecamatan Pasar Manna sudah dikategorikan baik dengan rerata 78,76% artinya guru sudah melakukan upaya dengan menerapkan beberapa metode untuk pengembangan kecerdasan naturalis di TK Kecamatan Pasar Manna. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat mengembangkan ruang lingkup penelitian. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:04
Last Modified: 12 Aug 2024 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19833

Actions (login required)

View Item View Item