PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GUGUS 19 KOTA BENGKULU

Blenzisky, Okki and Feri, Noperman and Nani, Yuliantini (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN GUGUS 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Materai_Okki Blenzisky_Skripsi - okki blenzisky.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Gugus 19 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode Quasi Experimental, desain penelitian ini adalah the Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas IV SDN Gugus 19 Kota Bengkulu dengan pertimbangan beberapa kriteria, yang terdiri dari SDN 69 Kota Bengkulu dan SDN 71 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB SDN 71 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitaif. Hasil analisis posttest menunjukan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (Uji-t) dengan nilai pada pembelajaran IPAS t hitung (4,28)> t tabel (2,00). Berdasarkan pengujian t hitung > t tabel Maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelasIV SDN Gugus 19 Kota Bengkulu. Kata kunci : Media Pembelajaran Youtube, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:58
Last Modified: 12 Aug 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19838

Actions (login required)

View Item View Item