PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN TERAKREDITASI A KOTA BENGKULU

Asri, Anita Julia and Feri, Noperman and Neza, Agusdianita (2023) PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN TERAKREDITASI A KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Anita Julia Asri (Skripsi bebas perpus unib) - anita julia asri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode quasy eksperiment, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 82 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan lembar tes berbentuk pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t pada pretest motivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung (0,604) < ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5% sedangkan pada posttest motivasi belajar siswa diperoleh nilai thitung (3, 691) > ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5%. Pada pretest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung (0, 858) < ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5% dan pada posttest hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung (4, 69) > ttabel (2,003) pada taraf signifikan 5%, hal ini menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol pada posttest yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN Terakreditasi A Kota Bengkulu. Kata Kunci: Media Woordwall, Motivasi, Hasil Belajar, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:41
Last Modified: 12 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19840

Actions (login required)

View Item View Item