PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS VA SDN 07 KOTA BENGKULU

Qias, Tri Nadia Wahyu Ning and Pebrian, Tarmizi and Neza, Agusdianita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS VA SDN 07 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Perpustakaan Unib - Trinadia Nadia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa kelas V SDN 07 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian terdiri dari tiga puluh siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Observasi dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan lembar Observasi menggunakan rumus skor rata-rata, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan rentang nilai tiap kriteria. Data uji dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata kelas dan rentang nilai tiap kriteria. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada siklus I diperoleh kategori sedang dan pada siklus II diperoleh kategori sangat baik. Hasil rata-rata prestasi belajar siklus I memperoleh skor rata-rata di bawah (KKM 75) dengan ketuntasan belajar klasikal PPKN 40% dan IPS 33,3% sedangkan pada siklus II nilai rata- ratanya di atas (KKM 75) dengan ketuntasan belajar klasikal 86,6% pada mata pelajarn PPKN dan IPS . Hasil rata-rata perilaku tanggung jawab siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dengan persentase 33,3% sedangkan siklus II pada kategori baik dengan persentase 53,3%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran tematik di kelas V SDN 07 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:41
Last Modified: 12 Aug 2024 07:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19842

Actions (login required)

View Item View Item