Zalis, Bella Sonianica and Neza, Agusdianita and Feri, Noperman (2023) i PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 29 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI BELLA SONIANICA ZALIS_081715 - Bella Sonianica Zalis.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media canva. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 29 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata aktivitas peserta didik di siklus I memperoleh skor 32,5 dengan kriteria baik mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 41,5 dengan kriteria sangat baik. Sehingga terdapat peningkatan sebesar 9 skor dari siklus I ke siklus II. Sedangkan untuk data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil belajar peserta didik aspek pengetahuan pada siklus I rata-rata 64,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 45% dan siklus II rata-rata 84,25 dengan ketuntasan belajar klasikal 85%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Realistic Mathematics Education, Media Canva, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:55 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:55 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19847 |
Actions (login required)
View Item |