ANALISIS KARAKTERISTIK KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU

Safitri, Endah and Nani, Yuliantini and Neza, Agusdianita (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SD NEGERI 101 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ENDAH SAFITRI PGSD - Endah Safitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 101 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 101 Kota Bengkulu berjumlah 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Siswa kelas II C SDN 101 Kota Bengkulu dengan jumlah 33 siswa, 8 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Indikator kesulitan terendah siswa dalam membaca permulaan adalah tersendat-sendat dengan rata-rata nilai 74,00. (2) Kesulitan membaca permulaan selanjutnya yaitu pada indikator perubahan kata dengan rata-rata nilai 78,15. (3) Kesulitan lain yang dialami oleh siswa adalah kesulitan dalam pengucapan kata salah dengan rata-rata nilai 78,76. (4) Kemudian disusul kesulitan membaca pada indikator pengucapan kata dengan bantuan guru dengan rata-rata nilai 79,58. (5) Indikator penghilangan huruf atau kata dengan rata-rata nilai 81,30. (6) Indikator pengulangan dengan rata-rata nilai 83,32. (7) Indikator pembetulan sendiri dengan rata-rata nilai 87,33. (8) Indikator kurang memperhatikan tanda baca dengan rata- rata nilai 91,69. (9) Indikator pembalikan huruf dengan rata-rata nilai 94,83. (10) Kesulitan membaca terakhir dengan nilai tertinggi yaitu pada indikator penyisipan kata dengan rata-rata nilai 95,23. Kata Kunci: Karakteristik, Kesulitan, Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19850

Actions (login required)

View Item View Item