PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU

Puspita, Firda and Neza, Agusdianita and Nady, Febri Ariffiando (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 41 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI FIRDA PUSPITA - Rani Syafitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 41 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain The Matching Only Pretest Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 41 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh hasil kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan hasil perhitungan uji-t pada posttest, yaitu t-hitung sebesar 3,97 lebih besar dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,00. Artinya hipotesis penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Prolem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif di kelas IV SDN 41 Kota Bengkulu. Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning, kuantitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:55
Last Modified: 12 Aug 2024 07:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item View Item