PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A 01 KOTA BENGKULU

Windar, Gea Sri and Sri, Dadi and Atika, Susanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V A 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GEA SRI WINDARI A1G019002 (22) - Astri Cornelia Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk deskripsikan (1) keterlaksanaan penerapan model Kooperatif Tipe Script dalam pembelajaran tematik di kelas V A SDN 01 Kota Bengkulu, (2) peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran tematik, (3) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru danj siswa di kelas V A SDN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata 44,5 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 69 kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 45 kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,5 kategori sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata- rata 73,89 dengan ketuntasan belajar klasikal 71,42% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 79,35 dengan ketuntasan belajar 89,28%. Pada mata pelajaran IPS siklus I nilai rata-rata 74,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 75% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Script dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item View Item