PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN GUGUS V KOTA BENGKULU

Safira, Melani Dian and Nani, Yuliantini and Pebrian, Tarmizi (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN GUGUS V KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MELANI-dikompresi - melani dian.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus V kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV B SDN 2 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 9 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian pada hasil analisis nilai dari posttest, dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai thitung 3,68 > ttabel 2,01 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Media, Pop Up Book, Bahasa Indonesia, Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:08
Last Modified: 12 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item View Item