STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA AWAL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VA SDN 20 KOTA BENGKULU

Damanik, Tesa Letareni and Osa, Juarsa and Nani, Yuliantini (2023) STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA AWAL PEMBELAJARAN SISWA KELAS VA SDN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TESA LETARENI DAMANIK_A1G019064 - Tesa Letareni Damanik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan pengelolaan gerakan literasi sekolah pada awal pembelajaran pada siswa kelas VA SDN 20 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas VA. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa deskriptif dan juga menggunakan analisis data secara interaktif dan berlanjut yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru sudah mengelola kegiatan membaca 15 menit siswa pada kegiatan literasi melalui tahapan perencanaan yang dilakukan oleh Guru, lalu tahapan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh Guru dan peserta didik. Lalu, bentuk literasi yang dilaksanakan di SD Negeri 20 Kota Bengkulu adalah kegiatan membaca buku non pelajaran selama 15 menit sebelum proses pembelajaran dimulai. Bentuk kegiatan literasi yang dilaksanakan di SD Negeri 20 Kota Bengkulu adalah kegiatan membaca dalam hati. Hal ini rutin dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan Gerakan Literasi Sekolah peserta didik menjadi terbiasa dengan kegiatan membaca 15 menit, peserta didik sangat antusias dalam memanfaatkan pojok baca kelas dan juga memilih buku bacaan diperpustakaan. Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Literasi, Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:22
Last Modified: 12 Aug 2024 08:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item