PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VD SDN 69 KOTA BENGKULU

Sitorus, Yuvita Millenia and Dalifa, Dalifa and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VD SDN 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
YUVITA MILLENIA SITORUS A1G018122 PGSD UNIB - Yuvita Millenia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi penerapan model pembelajaran tipe TGT dianalisis dengan deskripsi kualitatif. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 47,5 dengan kategori baik meningkat pada siklus II yaitu 64 dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 50,5 dengan kategori baik meningkatkan pada siklus II menjadi 64,5 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mata pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 73,26 dengan ketuntasan klasikal 80,76% meningkat pada siklus II yaitu 83,26 dengan ketuntasan klasikal 92,30%. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,84 dengan ketuntasan klasikal 76,92% meningkat pada siklus II yaitu 84,80 dengan ketuntasan klasikal 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran, TGT, Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar,Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:30
Last Modified: 12 Aug 2024 08:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item