PENGARUH DEMOKRASI DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP TRANSPARANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN SOROTAN PERS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Andika, Lisa and Lismawati, Lismawati and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2021) PENGARUH DEMOKRASI DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP TRANSPARANSI KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN SOROTAN PERS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh demokrasi dan jumlah penduduk terhadap transparansi keuangan yang di moderasi oleh sorotan pers pada pemerintah daerah di Indonesia tahun 2016-2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah yang ada di Indonesia yang terdiri dari 34 pemerintah daerah tingkat provinsi dan 514 pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 116 sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square Structural Equation Model (PLS SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa demokrasi dan jumlah penduduk berpengaruh positif signifikan terhadap transparansi keuangan pemerintah daerah di Indonesia. Sementara itu, sorotan pers ditemukan tidak memoderasi hubungan antara demokrasi dan jumlah penduduk terhadap transparansi keuangan pemerintah daerah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Aug 2024 09:18
Last Modified: 12 Aug 2024 09:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item