KESENIAN SARAPAL ANAM SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ORANG DEWASA (STUDI KASUS ANGGOTA KELOMPOK KESENIAN SARAPAL ANAM DI DESA PADANG CEKUR KECAMATAN ILIR TALO)

Yani, Lusti and Citra, Dwi Palenti, and Lenni, Mantili Hutahuruk (2023) KESENIAN SARAPAL ANAM SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ORANG DEWASA (STUDI KASUS ANGGOTA KELOMPOK KESENIAN SARAPAL ANAM DI DESA PADANG CEKUR KECAMATAN ILIR TALO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
KESENI~1.PDF - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesenian sarapal anam sebagai media pendidikan orang dewasa (stdui kasus anggota kelompok kesenian sarapal anam di desa Padang Cekur Kec. Ilir Talo). Subjek dalam penelitian ini yaitu bendahara, sekretaris dan anggota kelompok kesenian sarapal anam di desa Padang Cekur Kec. Ilir Talo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Hasil penelitian menunjukan bahwa anggota kelompok kesenian sarapal anam yang merupakan orang dewasa dengan usia 40-60 tahun mengalami proses pembelajaran kesenian sarapal anam, sebagai media pendidikan kesenian sarapal anam dapat menyajikan pesan dengan jelas sehingga tidak terlalu verbalistis, penyajian makna pesan menggunakan alat musik audiovisual yaitu alat musik redap dan kitab barzanji dengan makna yang disampaikan berisikan kebersamaan dan kerjasama juga kisah tauladan Rasulullah dan para sahabatnya, proses belajar anggota kelompok juga tidak mengalami keterbatasan ruang dan waktu, karena setiap anggota dapat belajar melalui rekaman video kesenian sarapal anam yang telah di siapkan sesuai dengan kebutuhan anggota kelompok yang berhalangan hadir, selain itu kesenian sarapal anam sebagai media pedidikan mengatasi sifat pasif peserta didik dengan cara tidak memaksa anggota kelompok yang pasif untuk aktif, setiap anggota bebas menentukan kemauan diri mereka sendiri dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Kesenian sarapal anam, media, pendidikan orang dewasa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:38
Last Modified: 13 Aug 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item